Indonesia Benderang, Puluhan Pembangkit Listrik Dibangun di ... - Warta 24 Papua Barat
GRID_STYLE

Post/Page

Weather Location

{fbt_classic_header}
www.uhamka.ac.id/reg

Indonesia Benderang, Puluhan Pembangkit Listrik Dibangun di ...

Indonesia Benderang, Puluhan Pembangkit Listrik Dibangun di ...

Indonesia Benderang, Puluhan Pembangkit Listrik Dibangun di Pelosok Papua Terpisah jauh dari Ibu Kota, wilayah Papua, khususnya desa di pedalaman Jayapura dana Nabi…

Indonesia Benderang, Puluhan Pembangkit Listrik Dibangun di ...

Indonesia Benderang, Puluhan Pembangkit Listrik Dibangun di Pelosok Papua

Terpisah jauh dari Ibu Kota, wilayah Papua, khususnya desa di pedalaman Jayapura dana Nabire telah lama gelap gulita.

Indonesia Benderang, Puluhan Pembangkit Listrik Dibangun di Pelosok PapuaistimewaPresiden Jokowi di Papua

WARTA KOTA, PALMERAH -- Terpisah jauh dari Ibu Kota, wilayah Papua, khususnya desa di pedalaman Jayapura dana Nabire telah lama gelap gulita.

Tidak ada akses listrik, kawasan Papua pun semakin terbelakang.

"Di Papua ada 2000 desa yang belum berlistrik. Tapi tahun depan semua desa di Tanah Papua harus terang benderang. memang tidak mudah mengerjakan pek erjaan listrik di Papua. Medannya sangat berat sekali. Seberat apapun medan harus bisa kita taklukan dan desa-desa harus terang benderang," ungkap Joko Widodo, Presiden Republik Indonesia dalam siaran tertulis pada Kamis (21/12/2017).

Mengejar ketertinggalan, pemerintah pusat melalui PT PLN bekerjasama dengan kontraktor pelaksana Konsorsium PT PP (Persero) Tbk, Wartsila Finland Oy dan PT Wartsila Indonesia membangun dua Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) dengan total kapasitas 70 MW di Jayapura dan Nabire, serta pembangkit listrik desa di sebanyak 74 desa yang tersebar di Papua dan Papua Barat.

Diakuinya, terdapat banyak kesulitan dalam membangun kelistrikan di Tanah Papua, namun hal tersebut harus menjadi semangat untuk tetap menerangi negeri. Sehingga pembangunan infrastruktur katanya harus terus dikebut pembangunannya.

"Papua kita kebut terus untuk urusan listrik. pembangunan di PLTMG Nabire 20 MW cepat hanya 8 bulan, padahal sepertinya bar usan saya groundbreaking. Listrik menjadi kunci bagi investasi yang ada di Papua," ujar Jokowi usai meresmikan PLTMG Nabire, Kelurahan Kalibobo, Kabupaten Nabire, Provinsi Papua, Rabu (20/12/2017) kemarin.

Seperti diketahui sebelumnya, pembangunan dua Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) sebesar 70 MW Papua, yaitu Jayapura 50 MW dan Nabire 20 MW telah rampung pada tahun 2017.

Selanjutnya, pembangkit listrik serupa sebesar 115 MW di Provinsi Papua akan kembali dibangun, antara lain Merauke 40 MW, Biak 15 MW, Serui 10 MW, Timika 10 MW, Jayapura 40 MW, dan 80 MW di Provinsi Papua Barat.

Manokwari 20 MW, Raja Ampat 10 MW, Sorong 30 MW, Fakfak 10 MW, Kaimana 10 MW. Sedangkan, Listrik Desa dari sebelumnya terbangun di sebanyak 191 desa pada tahun 2017 akan kembali dibangun di sebanyak 255 desa.

PT PLN memiliki Program Papua Terang 2020 yang menargetkan rasio elektrifikasi di Pulau Papua mencapai lebih dari 85.96 persen dan listrik dapat menjangkau s eluruh desa, kecamatan, dan kabupaten.

Pembangunan ini juga menyiapkan Papua agar suplai listrik dapat tercukupi untuk kegiatan PON 2020. (dwi)

Penulis: Dwi Rizki Editor: Dian Anditya Mutiara Sumber: Warta Kota Ikuti kami di Ikuti Firasat Cek Jok Motor, Ibu 3 Anak Bongkar Perselingkuhan Suami yang Diulang Lagi dengan Janda Sumber: Google News | Warta 24 Raja Ampat

Tidak ada komentar