Jokowi Dukung Potensi Pariwisata Papua Barat - Warta 24 Papua Barat
GRID_STYLE

Post/Page

Weather Location

{fbt_classic_header}
www.uhamka.ac.id/reg

Jokowi Dukung Potensi Pariwisata Papua Barat

Jokowi Dukung Potensi Pariwisata Papua Barat

Provinsi Papua Barat, memiliki potensi pariwisata sangat menakjubkan, baik daratan maupun lautan yang tak kalah dengan daerah lain.Selain Raja Ampat yang sudah mendunia dan memiliki 610…

Jokowi Dukung Potensi Pariwisata Papua Barat

Provinsi Papua Barat, memiliki potensi pariwisata sangat menakjubkan, baik daratan maupun lautan yang tak kalah dengan daerah lain.

Selain Raja Ampat yang sudah mendunia dan memiliki 610 pulau di area ini serta merupakan perairan terbaik di dunia. Di wilayah ini juga memiliki Taman Nasional Cendrawasih ( TNTC) di Kabupaten Teluk Wondama.

Wilayah TNTC ini memiliki garis pantai sepanjang 500 kilometer, dengan luas daratan mencapai 68.200 hektar. Luas lautnya, 1.385.300 hektar yang terdiri dari 80.000 hektar terumbu karang dan 12.400 hektar lautan.

Tak hanya itu, wisata pegunungan di Kabupaten Pegunungan Arfak dan beberapa obyek wisata lain bisa menjadi alternatif kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara. Di wilayah ini terdapat cagar alam seluas 68.325 hektar yang berada pada ketinggian 2.940 meter di atas permukaan laut.

Masih dikawasan tersebut, juga terdapat Danau Anggi Giji dan Danau Anggi Gita yang berada pada ketinggian 2000 meter diatas permukaan laut.

Di Kabupaten Manokwari, ada sebuag goa yang diklaim terdalam di dunia (2000 meter) oleh Tim Ekspedisi Spekologi (ahli goa) Prancis. Goa ini berada di pegunungan Lina di Iranmeba, Distrik Didohu.

Sedangkan di Kabupaten Kaimana, terdapat pantai dan Teluk Triton dengan keindahan panorama Senja Kaimana yang sudah melegenda.

Presiden Joko Widodo, memberi perhatian serius terhadap pembangunan infrastruktur dan pariwisata di Papua, karena sektor pariwisata adalah penyumbang ketiga terbesar dalam pendapatan negara.

Menteri Pariwisata, Arif Yahya, cukup aktif menciptakan sepuluh destinasi pariwisata baru yang setara dengan Bali, di Papua. Sebab, melalui pariwisata, pertumbuhan ekonomi masyarakat akan berjalan dengan baik.

Maka, sudah saatnya pemerintah d aerah, swasta dan pemangku kepentingan terus bersinergi memajukan potensi pariwisata Papua Barat.

Pertumbuhan sektor hotel dan pariwisata di wilayah ini berkembang cukup pesat. Pada tahun 2010, tercatat jumlah hotel di Papua Barat sudah berjumlah 80 unit, terdiri dari sepuluh hotel berbintang dan 70 hotel melati. Hotel berbintang rata-rata tersebar di Kabupaten Fakfak, Manokwari dan Kota Sorong. (Mrz)

Baca Juga:

  1. Pengurus Menyoal Seruan Ketum ICMI Dukung Jokowi Dua Periode
  2. Analis Intelijen: Wajar Kepala BIN Bahas Keamanan Papua
  3. Gubernur Papua: Saya Berdiskusi Dengan Kepala BIN Tentang Persatuan dan Kesatuan
  4. Hari Pers Nasional dan Resolusi untuk Pariwisata Indonesia
  5. PKPI Dukung Jokowi Sebagai Presiden RI Dua Kali Periode
Sumber: Google News | Warta 24 Teluk Wondama

Tidak ada komentar