Pemkab Sorsel Siap Mengikuti Pameran Otsus Di Kabupaten Sorong - Warta 24 Papua Barat
GRID_STYLE

Post/Page

Weather Location

{fbt_classic_header}
www.uhamka.ac.id/reg

Pemkab Sorsel Siap Mengikuti Pameran Otsus Di Kabupaten Sorong

Pemkab Sorsel Siap Mengikuti Pameran Otsus Di Kabupaten Sorong

TEMINABUAN, Berita lima.com â€" Pemkab Sorong Selatan Siap mengikuti Pameran Otsus Di Kabupaten Sorong yang akan dilaksanakan pada tanggal 7 Desember 2017 menda…

Pemkab Sorsel Siap Mengikuti Pameran Otsus Di Kabupaten Sorong

TEMINABUAN, Berita lima.com â€" Pemkab Sorong Selatan Siap mengikuti Pameran Otsus Di Kabupaten Sorong yang akan dilaksanakan pada tanggal 7 Desember 2017 mendatang .Pernyataaan ini disampaikan Bupati Sorong Selatan dalam rapat koordinasi yang digelar di ruang rapat kantor Bupati Sorong Selatan ,Senin 4 /12/2017.pagi tadi.

Bupati Sorong Selatan (Sorsel) Samsudin Anggiluli, SE menghimbau seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pengelola dana Otonomi Khusus (Otsus), agar harus mempersiapkan semua data dan materi Pameran Otsus Provinsi Papua Barat secara benar.

Rapat yang dipimpin langsung oleh Bupati Samsudin Anggiluli,SE dan didampingi Wakil Bupati Drs. Marthinus Salamuk membahas berbagai hal termasuk pengecekan kesiapan OPD peserta Pameran Otsus.

Dalam kesempatan ini Bupati menjelaskan, dana otsus telah bergulir di Provinsi Papua Barat sejak tahun 2009. Kabupaten Sors el yang telah mekar tahun 2003 lalu, juga telah menerima dan mengelola dana otsus dalam berbagai program pembangunan bagi peningkat kesejahteraan masyarakat asli Papua. Untuk itu setiap OPD pengelola dana otsus di Lingkungan Pemkab Sorsel, lanjutnya, harus benar-benar menyiapkan datanya secara baik dan benar untuk ditampilkan dalam pergelaran Pameran Otsus Papua Barat. Kegiatan ini direncanakan berlangsung tanggal 7 sampai 9 Desember 2017 di Alun-Alun Aimas, Kabupaten Sorong.

Pihaknya juga menegaskan, OPD pengelola otsus tidak boleh menyebunyikan data terkait program pembangunan di wilayah Kabupaten Sorsel yang menggunakan dana Otsus. Apabila ditemukan data yang realisasi anggarannya 100 persen tetapi pembangunan fisiknya tidak mencapai, silahkan disajikan datanya seperti itu dan jangan ditutupi.

“Kita tidak boleh tutupi keadaan yang sebenarnya terjadi. Kalau dananya sudah cair 100 persen tetapi fisiknya tidak ada, jangan ditutup tutupi . Itu tidak boleh. Buka saja supaya masyarakat tahu dan bapak gubernur juga tahu. Jangan berpikir nanti dana otsus kita akan turun dan lain sebagainya,” tegas Bupati Samsudin.

Bupati Sorong Selatan Samsudin Anggiluli,SE dalam arahanya berharap semua OPD yang telah mengelolah Kegiatan Otsus sejak tahun 2009 hingga tahun 2017 ini, dapat menyiapkan materi terkait penggunaan alokasi dana otsus

Menurut Bupati OPD hendaknya melaporkan hasil kegiatan yang telah dinikmati dan dirasakan oleh orang asli papua.

Pimpinan OPD diharapkan dapat mempersiapkan materi dan bahan untuk di tayangkan pada saat pameran dan menjelaskan sejumlah kegiatan otsus yang telah dilaksanakan dimasing masing OPD.

Wabup Drs. Marthinus Salamuk juga berpesan agar semua OPD pengelola dana Otsus sudah harus menyatukan semua datanya sebelum turun ke Sorong dan ditampilkan data tersebut dalam kegiatan pameran tersebut. “Data yang ada itu merupakan data dinas dan bukan masing-masing bidang atau bagian. Jadi harus ada k oordinasi baik dengan Bappeda sebelum turun,” pesannya.

Plt. Kepala Bappeda Kabupaten Sorsel Dance Nauw, SP.M.Si menambahkan, kegiatan pameran ini berskala nasional karena berhubungan dengan dana otsus. Dari kegiatan ini pula, sambungnya, semua kabupaten/ kota di Papua Barat akan dilihat dan dinilai terkait keserius dalam mempersiapkan materi yang ditampilkan.

“Jadi apa yang masih kurang dari persiapan kita ini, hari ini juga harus kita selesaikan. Dampaknya ialah akan dilihat dari saat pembagian dana otsus ke depan,” ujarnya.

Hadir dalam acara ini Asisten 2 Setda Kabupaten Sorong Selatan,Yonas Howay,SE,Staf Ahli Bidang Otonomi Khusus Aleksander Homer,S.Pd ,Pimpinan OPD serta sejumlah ASN Dilingkungan pemkab Sorong Selatan.( Engelberto )

Post Views: 61Sumber: Google News | Warta 24 Sorong Selatan

Tidak ada komentar