Tanah Bergerak di Purworejo, 139 Warga dari 3 Desa Mengungsi - Warta 24 Papua Barat
GRID_STYLE

Post/Page

Weather Location

{fbt_classic_header}
www.uhamka.ac.id/reg

Tanah Bergerak di Purworejo, 139 Warga dari 3 Desa Mengungsi

Tanah Bergerak di Purworejo, 139 Warga dari 3 Desa Mengungsi

Rabu 20 Desember 2017, 09:04 WIB Tanah Bergerak di Purworejo, 139 Warga dari 3 Desa Mengungsi Rinto Heksantoro - detikNews Penampakan tanah be…

Tanah Bergerak di Purworejo, 139 Warga dari 3 Desa Mengungsi

Rabu 20 Desember 2017, 09:04 WIB Tanah Bergerak di Purworejo, 139 Warga dari 3 Desa Mengungsi Rinto Heksantoro - detikNews Tanah Bergerak di Purworejo, 139 Warga dari 3 Desa MengungsiPenampakan tanah bergerak yang merusak rumah warga di Purworejo. Foto: Dok BPBD Purworejo Purworejo - Hujan deras masih terus mengguyur wilayah Kabupaten Purworejo, Jawa Tangah dalam beberapa hari terakhir. Akibatnya, fenomena tanah bergerak kembali terjadi di 3 desa.
Tanah bergerak kembali terjadi dan melanda 2 desa di Kecamatan Gebang serta 1 desa di Kecamatan Purworejo. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, tapi sebanya k 139 warga diungsikan demi menjaga keselamatan.
"Ada pergerakan tanah lagi di Desa Wonotopo dan Pakem Kecamatan Gebang serta Desa Sidomulyo Kecamatan Purworejo. Warga sudah kami ungsikan ke tempat yang aman," kata Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Purworejo, Sigit Ahmad Basuki ketika dihubungi detikcom, Rabu (20/12/2017).
Sigit menambahkan, akibat pergerakan tanah itu, belasan rumah warga rusak dan puluhan lainnya terancam dampak tanah bergerak. Fenomena tersebut menyebabkan lantai dan dinding rumah retak, serta infrastruktur jalan ikut rusak.
"Di Desa Wonotopo ada sekitar 15 rumah warga termasuk 1 Musala rusak, di Desa Pakem ada 4 rumah rusak dan di Desa Sidomulyo belum ada laporan rumah rusak namun ada 23 KK yang terdiri dari 73 jiwa yang mengungsi karena terdampak tanah bergerak," imbuh Sigit.
Sementara itu jumlah pengungsi yang berada di Desa Wonotopo ada sekitar 34 jiwa sedangkan di Desa Pakem terdapat 32 pengungsi. Semua keperlua n logistik hingga saat ini juga sudah didistribusikan oleh petugas BPBD ke lokasi terdampak tanah bergerak.
"Bantuan logistik sudah kami kirim semua ke lokasi terdampak," lanjutnya.
Hingga pukul 05.30 WIB pagi tadi, BPBD Purworejo memantau masih ada pergerakan tanah. Tidak hanya tanah bergerak, longsor juga terjadi dan mengenai rumah warga di Desa Purbowono, Kecamatan Kaligesing.
"Hasil pantauan kami bahwa tanah bergerak masih aktif dan terus bergerak perlahan hingga pukul 05.30 wib pagi tadi. Selain itu juga ada longsor yang menimpa rumah bapak Wagino (50) di Desa Purbowono Kaligesing, dan penghuni sudah diungsikan ke tempat yang aman," tutup Sigit.
(sip/sip)Sumber: Google News | Warta 24 Kabupaten Soron g

Tidak ada komentar