AIP-Rural Tingkatkan Ekonomi Petani Kecil Di Indonesia - Warta 24 Papua Barat
GRID_STYLE

Post/Page

Weather Location

{fbt_classic_header}

AIP-Rural Tingkatkan Ekonomi Petani Kecil Di Indonesia

AIP-Rural Tingkatkan Ekonomi Petani Kecil Di Indonesia

Sorong TN â€" AIP-Rural merupakan rangkaian program yang berfokus pada pengembangan berbasis pasar yang bertujuan untuk meningkatkan daya saing petani kecil dan akses ke …

AIP-Rural Tingkatkan Ekonomi Petani Kecil Di Indonesia

Sorong TN â€" AIP-Rural merupakan rangkaian program yang berfokus pada pengembangan berbasis pasar yang bertujuan untuk meningkatkan daya saing petani kecil dan akses ke pasar baru, pengetahuan dan teknologi yang lebih baik.

Pertanian menjadi sektor signifikan, dan sumber mata pencaharian yang kritikal untuk penduduk perdesaan Indonesia, yang apabila dikembangkan secara efektif dapat mengurangi kemiskinan tingkat kemiskinan.

Hal itu disampaikan oleh Head of Communications Aip-Rural, Muhammad Karim Wirasaputra, Jumat (02/02) malam di café Kopi Item, kota Sorong. Ia mengatakan terdapat 117,372 rumah tangga pertanian telah mengadopsi praktik peranian baru yang inovatif dan meningkatkan produktivitas.

“Adapun wilayah kerja kami Papua dalam pengelolan sayur mayor terdapat di Sorong , Tambraw, Kabupaten Sorong Selatan , kabupaten Msanokwari ,Kabupaten pegunungan A rfak, dan Kabupaten Manokwari Selatan. Sedangkan untuk pengelolaan rumput laut terdapat di wilayah Kabupaten Fak-Fak, dan kabupaten Kaimana,”jelasnya.

Lebih lanjut , AIP Rural mempunyai empat program yang sudah dijalankan ,Keempat program tersebut adalah Prisma yang bergerak di bidang pengembangan komoditas-komoditas unggulan, mulai dari ternak, sampai pada komoditas perkebunan.

Kemudian program Tirta yang bergerak di bidang pengairan sawah serta irigasi.

Program ketiga adalah Arisa, dimana program ini bergerak di bidang penelitian hasil pertanian dengan melibatkan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi dan lembaga penelitian ilmu Australia yang bertujuan untuk menyebarluaskan hasil penelitian terapan yang dapat diadaptasikan untuk menjawab kebutuhan petani lokal.

Program yang keempat adalah Safira. Program ini bertujuan memperkuat akses petani kecil ke layanan keuangan yang diperlukan, seperti modal kerja dan modal investasi bagi para peta ni yang sudah berhasil menerapkan program yang sudah diajarkan oleh AIP-Rural.

Sumber: Google News | Warta 24 Sorong Selatan

Tidak ada komentar