Bandara Werur Kembali Beroperasi, Perekonomian di Papua Barat ... - Warta 24 Papua Barat
GRID_STYLE

Post/Page

Weather Location

{fbt_classic_header}

Bandara Werur Kembali Beroperasi, Perekonomian di Papua Barat ...

Bandara Werur Kembali Beroperasi, Perekonomian di Papua Barat ...

Bandara Werur Kembali Beroperasi, Perekonomian di Papua Barat Diharapkan Meningkat Bandara yang dulunya merupakan pangkalan udara tua yang sudah beroperasi sejak …

Bandara Werur Kembali Beroperasi, Perekonomian di Papua Barat ...

Bandara Werur Kembali Beroperasi, Perekonomian di Papua Barat Diharapkan Meningkat

Bandara yang dulunya merupakan pangkalan udara tua yang sudah beroperasi sejak zaman perang dunia ke-II

Bandara Werur Kembali Beroperasi, Perekonomian di Papua Barat Diharapkan MeningkatIlustrasi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Bandara Werur yang terletak di Kabupaten Tambrauw Propinsi Papua Barat kembali beroperasi mulai Rabu (14/2/2018).

Bandara yang dulunya merupakan pangkalan udara tua yang sudah beroperasi sejak zaman perang dunia ke-II itu tampil dengan wajah baru setelah dilakukan pembangunan besar-besaran sejak tahun 2012.

Direktur Angkutan Udara Ditjen Perhubungan Udara, Kementerian Perhubungan, Maria Kristi Endah Murni menjelaskan pembangunan dilakukan untuk meingkatkan potensi ekonomi yang dimiliki kabupaten Tambrauw.

"Kabupaten Tambrauw yang terletak di daerah pesisir sesungguhnya mempunyai posisi strategis bagi daerah-daerah di sekitarnya dan Propinsi Papua Barat secara umum," ungkap Maria, Jumat (15/3/2018).

Selain itu, Bandara Werur juga diharapkan dapat menciptkan pemerataan di wilayah Papua Barat sehingga terjadi penurunan biaya kebutuhan pokok karena distribusi pengangkutannya yang lebih lancar dengan menggunakan pesawat.

Kemudian pergerakan masyarakat dan wisatawan pun ditargetkan dapat bertumbuh pesat untuk meningkatkan potensi pariwisata.

"Dengan demikian target Pemerintah untuk meningkatkan perekonomian, budaya dan pariwisata di daerah ini khususnya dan Papua Barat pada umumnya dapat terwujud dengan beroperasinya bandara Werur ini," ujar Maria Kristi.

< p>Dengan pembangunan yang menggunakan dana dari APBN, Ditjen Perhubungan Udara itu Bandara Werur kini memiliki runway 30 x 1400 m dengan ketebalan lapisan hotmix sebesar 5 cm.

Lalu panjang taxiway 94 x 18 m, luas apron 85 x 70 m, dan terminal penumpang 600 meter persegi.

Saat ini Bandara Werur melayani penerbangan yang dioperasikan oleh maskapai Susi Air dengan rute Sorong-Werur PP setiap hari Senin dan Jumat.

Pembangunan pun akan dilanjutkan untuk perpanjangan landas pacu, pembangunan darinase dan gedung penunjang operasional.

Penulis: Apfia Tioconny Billy Editor: Johnson Simanjuntak Ikuti kami di BREAKING NEWS: Dhawiya Putri Ratu Dangdut Elvy Sukaesih Diciduk Polisi Sumber: Google News | Warta 24 Kabupaten Tambrauw

Tidak ada komentar