www.AlvinAdam.com

WARTA 24 PAPUA BARAT

Daftar Gratis!

Ketikan alamat email anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Pembangunan Infrastruktur Tumbuhkan Ekonomi di Wasior Papua ...

Posted by On 13.54

Pembangunan Infrastruktur Tumbuhkan Ekonomi di Wasior Papua ...

Pelabuhan Wasior, Papua. (foto: presidenri.go.id)

INFONAWACITA.COM â€" Wasior, Papua dalam setahun terakhir mengalami pertumbuhan pesat di sektor informal. Hal itu menyusul pembangunan jalan utama dua ruas menggunakan median jalan yang membelah ibu kota Kabupaten Teluk Wondama.

Salah seorang tokoh pemuda Teluk Wondama, Zafiludin memberikan pendapatnya di Manokwari, Sabtu (17/2/2018). Ia mengatakan, pemkab harus mengantisipasi perkembangan sektor informal yang sedang menggeliat. Perlu ditetapkan pemanfaatan tata ruang wilayah dengan baik, agar tidak memicu kekumuhan di kemudian hari.

“Saya lihat, dalam setahun belakangan ini terjadi perkembangan luar biasa di sektor informal. Kios, warung makan, ruko tumbuh subur. Ini fenomena bagus, namun juga harus ditata dengan baik pemanfaatan zona-zona wilayah yang ada, guna mendukung tata kota yang indah dan tertib,” kata Zafiludin, dikutip dari Antara.

Dia mengatakan, fenomena pertumbuhan sektor informal ini biasa terjadi di semua kota berkembang. Artinya, Wasior sedang bertumbuh menjadi kota berkembang yang antara lain ditandai oleh munculnya ledakan pencari kerja, perdagangan skala kecil, pasar rakyat dan munculnya pusat-pusat pertumbuhan baru.

Imbas positif pembangunan infrastruktur

Menurut Zafiludin, pertumbuhan ini, juga mengikuti dan mengimbangi pertumbuhan dan perkembangan infrastruktur seperti jalan. Jalan utama atau jalan negara yang membelah kota, sudah dihotmix, bahkan dibangun dua jalur dengan median.

Meskipun kota ini luluh lantak, lanjut Zafiludin, Wasior mulai pulih karena infrastruktur mulai berkembang menyusul investasi keperintisan pemerintah membangun berbagai fasilitas publik. U paya memulihkan infrastruktur kota ini, dinilainya cukup berhasil sehingga Wasior mulai tampil sebagai kota berkembang.

“Kabarnya pemerintah daerah dalam dua tahun terakhir ini akan terus menggenjot pembangunan infrastruktur transportasi darat, laut dan udara, infrastruktur telekomunikasi dan kelistrikan. ini akan memacu perkembangan Wasior bahkan Teluk Wondama secara keseluruhan,” tambahnya.

Zafiludin pun menyambut positif rencana pemerintah daerah yang tahun ini akan memulai pembebasan lahan untuk pembangunan Bandar Udara baru yang lebih besar di Wasior. Ia yakin, rencana ini berjalan lancar dan disambut baik oleh masyarakat serta investor.

Sumber: Google News | Warta 24 Teluk Wondama

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »