WARTA 24 PAPUA BARAT

Daftar Gratis!

Ketikan alamat email anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

IKT Manokwari Ambil Bagian dalam Parade Budaya Papua Barat

Posted by On 09.48

IKT Manokwari Ambil Bagian dalam Parade Budaya Papua Barat

KAREBATORAJA.COM, MANOKWARI â€" Ikatan Keluarga Toraja (IKT) Manokwari, Papua Barat, kembali mengambil bagian dalam parade budaya yang digelar di Manokwari, Selasa lalu.

Sekitar seratus warga IKTM larut dalam kebersamaan tersebut dengan ribuan warga Manokwari lainnya yang berasal dari berbagai latar belakang etnis dan budaya. Warga yang menyemut di sepanjang sisi jalan tampak terhibur terutama saat rombongan warga Toraja yang kompak mengenakan busana dan atribut khas Toraja melintas sembari memekik dengan kompak (meoli).

Seringnya warga Toraja mengikuti kegiatan-kegiatan parade kolosal semacam ini membuat warga Manokwari sudah menghafal bahwa pekikan tersebut juga dibalas dengan pekik yang sama.

Itu sebabnya setiap kali rombongan warga IKT memekik, warga yang menonton pun serem pak membalas pekikan. Rombongan warga IKT, didahului oleh sebuah mobil truk yang mengangkut miniator tongkonan yang dihiasi kain-kain pusaka. Sesudah itu sejumlah pemuda yang berasal dari Ikatan Mahasiswa Toraja Manokwari mengikutinya dengan tarian perang pa’randing. Sesudah para penari, tampak berbaris dengan rapi para pengurus IKT dan tokoh masyarakat Toraja di Manokwari. Seperti ketua IKT Manokwari, Kornelius Mangalik; tokoh pemuda Toraja yang juga sekretaris IKT Manokwari Patrix Barumbun Tandirerung, anggota DPR Papua Barat, Saul Rantelembang dan lainnya. Dibelakang para tetua berjejer ratusan warga IKT.

Parade mengambil start di depan RS Azhar Zahir Manokwari, melalui jalan protokol hingga finish di lapangan Borarsi. Meski sepanjang jalan warga diguyur hujan hal ini tidak menyurutkan antusiasme mereka.

Kegiatan ini hanya berselang sehari setelah perayaan hari pekabaran injil di T anah Papua yang dipusatkan di Pulau Mansinam Manokwari. Warga IKT di Manokwari setidaknya terdiri dari 1700 KK yang tersebar diberbagai wilayah dan profesi.

“Kegiatan semacam ini tidak hanya penting dalam mempromosi dan memperkenalkan budayabToraja tetapi juga menjadi wahana untuk mempererat kesatuan warga di Manokwari. Setiap tahun, IKT selalu mengambil bagian,” kata Patrix, Sekretaris IKT Manokwari.

Warga Toraja di Manokwari sudah membaur dengan warga tempatan. Warga Toraja relatif mudah diterima karena dikenal ramah dan ulet. (Humas IKT Manokwari)

Baca Juga

Ketua IKT Pegunungan Tengah Minta Pemuda Toraja BersatuMasyarakat Lembang Tumbang Datu Dituntut Siap Jadi Masyarakat PariwisataCamat Simbuang dan Mappak Harapkan IPPEMSI Makassar Jadi Mitra PemerintahSambut Natal, Polres Tana Toraja Gelar Pasar Murah, Jadwalnya Mulai Sabtu BesokBagikan
  • 66
Sumber: Google News | Warta 24 Manokwari

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »